PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MUATAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI TAHUN AJARAN 2023/2024

Fakhriyyah, Intan (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MUATAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031292-COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031292-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031292-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031292-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah video animasi berbasis Pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis pendekatan saintifik, 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik ditinjau dari segi isi, desain, media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil dan penyusunan kisi-kisi soal, 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil analisis data berdasarkan penilaian menurut ahli isi/materi Pelajaran memperoleh skor 94,23% dengan kualifikasi sangat layak, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat layak, ahli media pembelajaran memperoleh skor 91,07 dengan kualifikasi sangat layak, uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 90,83% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 32 siswa memperoleh hasil t_hitung=5,79 untuk t_tabel=2,04 dk=31 dan taraf signifikansi 5%=2,04. Dengan demikian, t_hitung=5,79> t_tabel=2,04, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik melebihi KKTP yang telah ditetapkan sebesar 75. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata yang diperoleh siswa yakni 85,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis Pendekatan saintifik efektif diterapkan pada muatan IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 8 Dauh Puri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Intan Fakhriyyah
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:47
Last Modified: 14 Aug 2024 23:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item