Fakhriyyah, Intan (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MUATAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031292-COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031292-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031292-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031292-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah video animasi berbasis Pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran video animasi berbasis pendekatan saintifik, 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik ditinjau dari segi isi, desain, media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil dan penyusunan kisi-kisi soal, 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil analisis data berdasarkan penilaian menurut ahli isi/materi Pelajaran memperoleh skor 94,23% dengan kualifikasi sangat layak, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat layak, ahli media pembelajaran memperoleh skor 91,07 dengan kualifikasi sangat layak, uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 90,83% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 32 siswa memperoleh hasil t_hitung=5,79 untuk t_tabel=2,04 dk=31 dan taraf signifikansi 5%=2,04. Dengan demikian, t_hitung=5,79> t_tabel=2,04, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan saintifik melebihi KKTP yang telah ditetapkan sebesar 75. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata yang diperoleh siswa yakni 85,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis Pendekatan saintifik efektif diterapkan pada muatan IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV di SD Negeri 8 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Intan Fakhriyyah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 23:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21991 |
Actions (login required)
View Item |