Agustini, Ni Wayan Virendra (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERORIENTASI BUDAYA LOKAL PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041003-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041003-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Flipbook Berorientasi Budaya Lokal dalam meningkatkan dimensi bernalar kritis siswa pada materi sistem koordinasi manusia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kintamani yang dipilih secara random assignment (penempatan kelas secara acak). Dari hasil random assignment didapatkan jumlah sampel sebanyak 68 sampel. Metode penelitian ini, menggunakan tes dengan instrument penelitian tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dengan hasil menunjukkan nilai p < 0,05 (0,001<0,05). Hasil ini berarti efektivitas implementasi Flipbook Berorientasi Budaya Lokal pada materi sistem koordinasi efektif dalam meningkatkan dimensi bernalar kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan Flipbook Berorientasi Budaya Lokal. Untuk mengetahui efektivitas flipbook berorientasi budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa menggunakan Indeks Efektivitas (IE). Hasil analisis data menunjukkan nilai Indeks Efektivitas (IE) sebesar 93% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, flipbook berorientasi budaya lokal, dimensi bernalar kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Virendra Agustini |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21996 |
Actions (login required)
View Item |