Pratiwi, I Gusti Agung Ratih (2020) Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Aktualisasi Diri dalam Kelompok Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031094-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031094-ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031094-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (2) kontribusi yang signifikan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (3) kontribusi yang signifikan secara simultan kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini yaitu ex-post facto. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas V di Gugus Budi Utomo yang jumlahnya 300 siswa. Penentuan sampel menerapkan teknik proporsional random sampling dan didapatkan sampelnya sejumlah 166 siswa. Pengumpulan datanya mengaplikasikan metode kuesioner untuk mengukur kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok, serta metode pencatatan dokumen berupa nilai ulangan akhir semester 1 (UAS) untuk mencatat kompetensi pengetahuan IPS. Sebelum dilakukan uji hipotesis, diawali uji asumsi yang terdiri atas uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Setelah seluruh uji asumsi terpenuhi, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menerapkan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 3,75 % (2) terdapat pengaruh yang signifikan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 3,76% (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama - sama kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 7,5%. Konklusi dari penelitian ini yaitu kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan interpersonal, aktualisasi diri dalam kelompok, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ratih Pratiwi |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 03:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2200 |
Actions (login required)
View Item |