PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIALOGIS DAN GAYA BELAJAR AUDITORI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V PAUD KECAMATAN BULELENG

Ratmawati, Ni Luh Ketut Ery (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIALOGIS DAN GAYA BELAJAR AUDITORI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V PAUD KECAMATAN BULELENG. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229171025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229171025-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2221971025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229171025-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ratmawati, (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Dialogis Dan Gaya Belajar Auditori Terhadap Kemampuan Komunikasi Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak GUGUS V PAUD KECAMATAN BULELENG. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Pembimbing I Prof. Dr. M.G. Rini Kristiantari, M.Pd.. dan Pembimbing II Dr. I Ketut Supir, M.Hum. Kata Kunci : dialogis, gaya belajar auditori, kemamuan berkomunikasi, pendidikan Permasalahan terhadap kemampuan komunikasi anak sangat sering dihadapi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan kemampuan berkomunikasi antara anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran dialogis dan anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional, 2) Mengetahui perbedaan kemampuan berkomunikasi antara anak dengan gaya auditori tinggi dan anak dengan gaya auditori rendah, 3) mengetahui Apakah terdapat interaksi metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditori terhadap kemampuan komunikasi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelompok B di GUGUS V PAUD KECAMATAN BULELENG yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar auditori dan model pembelajaran yang diterapkan. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 anak dari kelompok B TK Eka Dharma yang dipilih secara acak. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data kemampuan berkomunikasi siswa dikumpulkan melalui observasi yang terstruktur sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran dialogis. Selain itu ditemukan juga interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dialogis dan gaya belajar auditori terhadap kemampuan berkomunikasi. Anak dengan gaya belajar auditori tinggi menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak dengan gaya belajar auditori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh metode pembelajaran dialogis terhadap kemampuan berkomunikasi anak, 2) terdapat pengaruh gaya belajar auditori dengan keterampilan tinggi dan rendah terhadap kemampuan berkomunikasi anak, 3) terdapat interaksi metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditori terhadap kemampuan berkomunikasi anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: dialogis, gaya belajar auditori, kemamuan berkomunikasi, pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Ni Luh Ketut Ery Ratmawati
Date Deposited: 18 Sep 2024 09:20
Last Modified: 18 Sep 2024 09:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item View Item