Canda Yoga Pratama, I Putu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BANYUASRI SINGARAJA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021005-COVER.pdf Download (671kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021005-ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021005-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tentang rancang bangun e-modul berbasis projek pada pembelajaran IPAS kelas V SD N 4 Banyuasri, (2) mendeskripsikan kualitas e-modul berbasis projek pada pembelajaran IPAS menurut ahli isi, ahli desain instruksional, dan ahli media pada kelas V SD N 4 Banyuasri, (3) mengetahui kepraktisan e-modul berbasis projek pada pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 4 Banyuasri berdasarkan uji coba perorangan dan kelompok kecil, (4) mengetahui keefektifan e-modul berbasis projek pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 4 Banyuasri. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu validator ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli isi pembelajaran dan siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini (1) telah menghasilkan perancangan e-modul dari tahapan analisis hingga tahapan evaluasi, (2) telah mengetahui validitas dari para ahli, skor dari ahli isi pembelajaran sebesar 95%, skor dari ahli media pembelajaran sebesar 90% dan skor dari ahli desain pembelajaran sebesar 94,66%. (3) telah mengetahui respon pengguna berdasarkan uji perorangan dan kelompok kecil, skor dari uji coba perorangan sebesar 94% dan skor dari uji coba kelompok kecil sebesar 92,77% dan (4) mengetahui efektifitas e-modul berbasis project Based learning dilihat dari perhitungan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan e-modul berbasis project Based learning. Nilai rata-rata post-test siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri yaitu 77,62 berada di atas KKTP, Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbasis project Based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 4 Banyuasri. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, ADDIE, Project Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Uji-t.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, ADDIE, Project Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Uji-t. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Putu Canda Yoga Pratama |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 00:38 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22149 |
Actions (login required)
View Item |