Yudea, Aprilia Kristina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK BERBASIS AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MUATAN IPAS SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2023/2024 DI SD NO 2 SADING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031271-COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031271-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031271-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031271-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031271-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031271-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031271-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031271-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031271-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu media E- Komik berbasis Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan rancang bangun produk media E-Komik, 2) mengetahui kelayakan media e-komik menurut penilaian para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran media e-komik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil analisis data berdasarkan penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,33% dengan kualifikasi sangat layak, ahli desain instruksional memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat layak, ahli media pembelajaran memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba perorangan pada tiga orang siswa memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok kecil pada sembilan orang siswa memperoleh skor 97% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh hasil thitung =10,279 untuk ttabel =2,048 dengan dk = 27 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, thitung = 10,279 > ttabel = 2,048 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu juga, hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan media e-komik berbasis AIR melebihi KKTP yang telah ditetapkan sebesar 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media e-komik berbasis AIR efektif diterapkan pada materi tubuh tumbuhan pelajaran IPAS kelas IV di SD No. 2 Sading.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, E-Komik, Auditory Intellectually Repetition (AIR). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Aprilia Kristina Yudea |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 11:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 11:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22211 |
Actions (login required)
View Item |