Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Studi Kasus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Widiandari, Luh Ade (2019) Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Studi Kasus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071015-COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071015-ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1723071015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar kimia berbasis studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model 4-D oleh Thiagarajan. Tahap penelitian yang dilakukan sampai tahap pengembangan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar. Produk penelitian berupa buku ajar kimia berbasis studi kasus kelas XI semester II. Data hasil penelitian meliputi data hasil analisis kebutuhan (studi literatur dan studi lapangan), data hasil perencanaan produk, data hasil kevalidan, data hasil kepraktisan, dan keefektifan buku ajar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakteristik buku ajar yang dikembangkan menyajikan kasus-kasus yang terkait dengan materi kimia, 2) kevalidan buku ajar yang dikembangkan mendapat kategori sangat valid dari segi isi dan media, 3) tingkat kepraktisan buku ajar yang dikembangkan tergolong sangat praktis, 4) buku ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil uji proporsi satu sampel sebesar 0,86 dan didukung oleh gain score ternormalisasi sebesar 0,59 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, hasil belajar, studi kasus.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Ade Widiandari
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:31
Last Modified: 21 Oct 2019 03:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item