Widiandari, Luh Ade (2019) Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Studi Kasus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723071015-COVER.pdf Download (430kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723071015-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1723071015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723071015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar kimia berbasis studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model 4-D oleh Thiagarajan. Tahap penelitian yang dilakukan sampai tahap pengembangan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar. Produk penelitian berupa buku ajar kimia berbasis studi kasus kelas XI semester II. Data hasil penelitian meliputi data hasil analisis kebutuhan (studi literatur dan studi lapangan), data hasil perencanaan produk, data hasil kevalidan, data hasil kepraktisan, dan keefektifan buku ajar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) karakteristik buku ajar yang dikembangkan menyajikan kasus-kasus yang terkait dengan materi kimia, 2) kevalidan buku ajar yang dikembangkan mendapat kategori sangat valid dari segi isi dan media, 3) tingkat kepraktisan buku ajar yang dikembangkan tergolong sangat praktis, 4) buku ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil uji proporsi satu sampel sebesar 0,86 dan didukung oleh gain score ternormalisasi sebesar 0,59 (kategori sedang).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar, hasil belajar, studi kasus. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Luh Ade Widiandari |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 03:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 03:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
View Item |