Darmawan, Cahya Swaztine (2024) DEVELOPING PROJECT BASED LEARNING ACTIVITIES IN ENGLISH CLASSES FOR IMPLEMENTING MERDEKA CURRICULUM IN SMP N2 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229081048-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229081048-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (14MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (63MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229081048-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Darmawan, Cahya Swaztine (2024). Developing Project Based Learning Activities In English Classes For Implementing Merdeka Curriculum In SMP N 2 Singaraja. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Inggris untuk penerapan kurikulum Merdeka di kelas 7 semester dua. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama mendeskripsikan spesifikasi kegiatan PJBL yang dibutuhkan, kedua mendeskripsikan jenis kegiatan PJBL yang dihasilkan dari spesifikasinya, dan terakhir menganalisis kualitas pengembangannya. Pada akhirnya penelitian ini menghasilkan buku modul dengan desain PJBL. ADDIE dari Kurt (2018) dijadikan model dalam pengembangan buku ini. Buku ini dirancang berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari angket guru-siswa, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis kebutuhan memberikan spesifikasi kegiatan PJBL yang menekankan relevansi kegiatan PJBL dengan silabus, serta karakteristik siswa, penekanan Profil Siswa Pancasila, dan 6C (keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, berpikir kritis, berpikir komputasi, dan kasih sayang). keterampilan). Delapan langkah penerapan PjBL oleh Hamidah (2020) digunakan untuk mengembangkan buku ini. Oleh karena itu, ada dua jenis modul buku yang dikembangkan oleh peneliti buku guru dan buku siswa. Aspek terakhir adalah hasil uji kualitas produk yang menunjukkan bahwa Buku Kegiatan PJBL menggunakan materi yang berkualitas baik dari segi isi, bahasa, dan media. Hasil Gregory sebesar 1,00 menandakan kualitas yang sangat baik. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru mengenai kegiatan PJBL dalam format buku untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris, serta bagi siswa untuk terlibat dengan materi bahasa Inggris. Kata Kunci: 6C, Siswa kelas 7, pengembangan, pembelajaran bahasa inggris,buku kegiatan PjBL, Profil Siswa Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 6C, Siswa kelas 7, pengembangan, pembelajaran bahasa inggris,buku kegiatan PjBL, Profil Siswa Pancasila. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Cahya Swaztine Darmawan |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 08:09 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 08:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22405 |
Actions (login required)
View Item |