Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dan Video Editing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Berita pada Siswa Kelas VII B SMP PGRI 1 Denpasar

Ananda, Aura Sifa (2024) Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dan Video Editing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Berita pada Siswa Kelas VII B SMP PGRI 1 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229011008-COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229011008-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229011008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks berita menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audio visual dan video editing untuk meninggkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII B di SMP PGRI 1 Denpasar; (2) Untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas VII B di SMP PGRI 1 Denpasar pada pembelajaran teks berita dengan mengimplemtasikan model Project Based Learning berbantuan media audio visual dan video editing; (3) Untuk mendeskripsikan respons siswa kelas VII B di SMP PGRI 1 Denpasar setelah diimplemantasikannya model Project Based Learning berbantuan media audio visual dan video editing untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah keseluruhan 33 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes dan kuesioner. Analisis data menggunakan sistem penilaian acuan patokan atau norma absolut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru dapat melaksanakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual dan video editing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita; (2) hasil belajar keterampilan berbicara meningkat dilihat dari presentase nilai rata-rata kelas. Pada saat pre-test hasil belajar siswa hanya memperoleh nilai 54,69%, meningkat pada saat implementasi PjbL berbantuan media audio visual siklus I menjadi 70%, kemudian pada pelaksanaan siklus II dengan ditambahkannya media video editing meningkat menjadi 80,15%; (3) respons siswa menyatakan sangat setuju bahwa implementasi PjBL berbantuan media audio visual dan video editing dapat membantu proses belajar yang terencana dan memudahkan mengembangkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Media Audio Visual dan Video Editing, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ananda Aura Sifa
Date Deposited: 03 Dec 2024 00:45
Last Modified: 03 Dec 2024 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item