PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BLAHBATUH

Pratiwi, Komang Windari Yulia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BLAHBATUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011082-COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011082-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011082-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam konteks matematika. Selama ini kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah sebab kegiatan belajar yang dirancang belum secara efektif diarahkan untuk mencapai hal tersebut. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh model pembelajaran yang kurang relevan guna mencapai kemampuan berpikir kritis yang efektif. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan kartu masalah kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasinya yakni siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blahbatuh Tahun Ajaran 2024/2025 dan sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 520 siswa yang terdistribusi dalam 11 kelas. Berlandaskan pada hasil pengundian diperoleh kelas VII B menjadi kelas eksperimen yang menjalani pembelajaran mempergunakan model Make a Match berbantuan kartu masalah kontekstual dan kelas VII A menjadi kelas kontrol yang menjalani pembelajaran konvensional. Data kemampuan berpikir kritis matematika siswa diperoleh dari hasil post-test berupa soal uraian dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,687. Sebelum dilakukan uji hipotesis mempergunakan uji t telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas dan diketahui bahwa data memiliki distribusi yang normal dan homogen. Berlandaskan hasil uji t diperoleh sig. senilai 0,00 (0,00 < 0,05) yang artinya menolak H0 dan menerima H1. Nilai tersebut bermakna bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang menjalani pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match berbantuan kartu masalah kontekstual lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang menjalani pembelajaran konvensional dengan rerata nilai pada kelas eksperimen sebesar 74,79 dan pada kelas kontrol sebesar 55,21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Kartu Masalah Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Komang Windari Yulia Pratiwi
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:47
Last Modified: 16 Dec 2024 03:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item View Item