ARYANATA, IWAYAN (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BERMAIN BOLA VOLI DALAM MATA PELAJARAN PENJASKES DENGAN MODEL HANNAFIN AND PECK UNTUK SISWA KELAS X SEMESTER I SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1511021004-Cover.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021004-ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021004 -BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIANTEORI)
1511021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021004 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (863kB) |
Abstract
Permasalan pembelajaran di SMA PGRI 4 Denpasar adalah rendahnya hasil belajar Penjaskes siswa kelas X, maka dari itu diciptakan video pembelajaran tentang teknik dasar bermain bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli untuk siswa kelas X, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli untuk siswa kelas X, (3) mengetahui efektifitas pengunaan media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli terhadap hasil belajar siswa kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode: (1) pencatatan dokumen (2) kuisioner (3) dan test. Data yang didapatkan, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun dari media video pembelajaran sesuai tahapan model Hannafin and Peck, (2) media video pembelajaran yang dikembangkan di katakan valid dengan : (a) hasil review ahli isi sebesar 94% dengan predikat sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran sebesar 92% dengan predikat sangat baik, (c) hasil review dari ahli media sebesar 80% dengan predikat baik, hasil uji perorangan sebesar 96,6%, hasil uji kelompok kecil 85,1%, hasil uji lapangan 94,1%. (3) Uji efektifitas pengembangan menunjukan thitung 2,775>ttabel 2,542. Sehinga H1 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Penjaskes siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Dengan demikian video pembelajaran efektif digunakan untuk membantu proses pembelajaran Penjaskes siswa kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video pembelajaran penjaskes |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Wayan Yoga Aryanata |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 02:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2255 |
Actions (login required)
View Item |