Pratama, Satria (2024) PENGEMBANGAN E-COMIC BAHASA INGGRIS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK SISWA KELAS 1 SDN 14 DANGIN PURI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229071018-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229071018-ABSTRAK.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229071018-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229071018-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229071018-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV METODELOGI PENELITIAN)
2229071018-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229071018-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (798kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229071018-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pratama, Satria (2023) Pengembangan E-comic Bahasa Inggris Berbasis Model Pembelajaran Savi untuk Siswa Kelas 1 SDN 14 Dangin Puri Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan E-comic Bahasa Inggris, Model Pembelajaran Savi, Model Pengembangan ADDIE Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tahapan dan proses rancang bangun E-comic berbasis model pembelajaran SAVI untuk pembelajaran bahasa inggris siswa kelas 1 SD, 2) Untuk mengetahui validasi dari ahli isi, ahli desain, ahli media, dan tanggapan pengguna terhadap media E-comic yang telah dibuat, 3) Untuk mengetahui efektivitas dari media E-comic yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu 1) kuisioner, dan 2) tes. Siswa yang digunakan dalam uji coba perorangan sebanyak 3 orang siswa, 12 orang untuk kelompok kecil dan 40 orang pada uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli isi dilihat dari validitas hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI yang dilakukan dengan metode kuesioner menurut review ahli isi dengan hasil persentase sebesar 93,18% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli desain dilihat dari validasi hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI dilakukan dengan metode kuesioner diperoleh persentase sebesar 85,23% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba perorangan diperoleh hasil persentase sebesar 85,42% berada pada kualifikasi sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase sebesar 86,23% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 14 Dangin Puri dengan nilai rata-rata posttest sebesar 84,11, nilai yang melebihi KKM yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan E-comic Bahasa Inggris, Model Pembelajaran Savi, Model Pengembangan ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Satria Pratama |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 04:58 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 04:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22573 |
Actions (login required)
View Item |