Prakosa, Bima Agung (2025) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN DURASI CAMSHAFT TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015071003_COVER.pdf Download (747kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015071003_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015071003_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2015071003_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2015071003_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015071003_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015071003_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015071004_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan durasi camshaft terhadap daya mesin, torsi mesin, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Permasalahan yang diidentifikasi yaitu Sepeda motor yang usianya lebih dari lima tahun secara teoritis akan mengalami penurunan performa, terutama jika digunakan secara terus menerus di medan yang berat seperti di pegunungan hal ini mendorong untuk melakukan penelitian tentang cara memaksimalkan tenaga sepeda motor standar tanpa harus merubah diameter piston dan stroke up dan dengan biaya yang relatif lebih murah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan menggunakan tiga bahan camshaft yaitu camshaft standar dengan durasi in-230° dan ex-225°, camshaft modifikasi 1 in-246° dan ex-237° , dan camshaft modifikasi 2 in-256° dan ex-245°. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan pada daya mesin dari camshaft standar ke camshaft modifikasi 2 sebesar 41,59% dibandingkan dengan camshaft modifikasi 1 yang hannya sebesar 1,57%, kemudian pada torsi mesin juga mengalami peningkatan secara signifikan dari camshaft standar ke camshaft modifikasi 2 sebesar 43,44% dibandingkan dengan camshaft modifikasi 1 yang yang hannya sebesar 40,22%, dan peningkatan terjadi pada konsumsi bahan bakar secara signifikan pada pada penggunaan camshaft modifikasi 2 sebesar 16,39%. Kata Kunci: Camshaft, Daya Mesin, Torsi Mesin, dan Konsumsi Bahan Bakar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Camshaft, Daya Mesin, Torsi Mesin, dan Konsumsi Bahan Bakar. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Bima Agung Prakosa |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22609 |
Actions (login required)
View Item |