DEVELOPING INTERCULTURAL-BASED SPEAKING MATERIALS FOR THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOLS TO PRACTICE LINGUISTIC FEATURES AND PEACE EDUCATION IN MERDEKA CURRICULUM

Wisnawa, I Gede Komang Waisya (2024) DEVELOPING INTERCULTURAL-BASED SPEAKING MATERIALS FOR THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOLS TO PRACTICE LINGUISTIC FEATURES AND PEACE EDUCATION IN MERDEKA CURRICULUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021064-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021064-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021064-LAMPIRAN.pdf

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan materi berbicara berbasis tema antarbudaya untuk siswa kelas 9 SMP, sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan kompetensi antarbudaya dan pendidikan perdamaian sambil meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Studi ini menggunakan Successive Approximation Model (SAM) untuk pengembangan materi tersebut, yang melibatkan survei, analisis dokumen, dan evaluasi ahli. Temuan menunjukkan bahwa siswa memiliki preferensi kuat terhadap kegiatan berbicara yang menarik, interaktif, dan relevan secara budaya. Materi tersebut direvisi beberapa kali berdasarkan masukan dari para ahli, memastikan kesesuaian dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang mendorong inklusivitas, berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Versi akhir terdiri dari kegiatan yang dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan linguistik tetapi juga untuk menumbuhkan kesadaran budaya dan pembangunan perdamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Antarbudaya, Pendidikan Perdamaian, Materi Berbicara, Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Komang Waisya Giri Wisnawa
Date Deposited: 23 Dec 2024 01:33
Last Modified: 23 Dec 2024 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item