Wisnawa, I Gede Komang Waisya (2024) DEVELOPING INTERCULTURAL-BASED SPEAKING MATERIALS FOR THE 9TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOLS TO PRACTICE LINGUISTIC FEATURES AND PEACE EDUCATION IN MERDEKA CURRICULUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021064-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021064-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021064-LAMPIRAN.pdf Download (897kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan materi berbicara berbasis tema antarbudaya untuk siswa kelas 9 SMP, sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan kompetensi antarbudaya dan pendidikan perdamaian sambil meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Studi ini menggunakan Successive Approximation Model (SAM) untuk pengembangan materi tersebut, yang melibatkan survei, analisis dokumen, dan evaluasi ahli. Temuan menunjukkan bahwa siswa memiliki preferensi kuat terhadap kegiatan berbicara yang menarik, interaktif, dan relevan secara budaya. Materi tersebut direvisi beberapa kali berdasarkan masukan dari para ahli, memastikan kesesuaian dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang mendorong inklusivitas, berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Versi akhir terdiri dari kegiatan yang dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan linguistik tetapi juga untuk menumbuhkan kesadaran budaya dan pembangunan perdamaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Antarbudaya, Pendidikan Perdamaian, Materi Berbicara, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gede Komang Waisya Giri Wisnawa |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:33 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22613 |
Actions (login required)
View Item |