Anggreni, Ni Wayan Yurita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS MOH. HATTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031032-COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031032-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031032- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031032-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model PBL berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Jenis penelitian quasi experiment, desainnya non equivalent control gorup. Populasinya seluruh kelas V SD Negeri Gugus Moh.Hatta sebanyak 6 kelas, 242 siswa kemudian diambil dua sampel melalui Random Sampling untuk diberikan perlakuan, terpilih kelas V SD N 1 Panjer untuk kelas eksperimen sebanyak 40 orang menerapkan model PBL berbasis penilaian portofolio dan kelas V SD N 2 Panjer sebagai kelas kontrol sebanyak 39 orang dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode tes jenis tes pilihan ganda 30 soal. Diperoleh rata – rata kelompok eksperimen 81,18 > 70,85 rata – rata kelompok kontrol. Selanjutnya data diuji dengan t-test polled varian. Terbukti dari nilai thitung = 4,971 > ttabel = 1,991) pada dk = 77 dan alpha 5% yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada perbedaan signifikan terhadap kedua kelompok sampel. Kesimpulannya penerapan model PBL berbasis penilaian portofolio memberi pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD Negeri Gugus Moh.Hatta tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pbl, penilaian portofolio, kompetensi pengetahuan matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Yurita Anggreni |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2265 |
Actions (login required)
View Item |