PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS MOH. HATTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Anggreni, Ni Wayan Yurita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS MOH. HATTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031032-COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031032-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031032- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031032-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model PBL berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Jenis penelitian quasi experiment, desainnya non equivalent control gorup. Populasinya seluruh kelas V SD Negeri Gugus Moh.Hatta sebanyak 6 kelas, 242 siswa kemudian diambil dua sampel melalui Random Sampling untuk diberikan perlakuan, terpilih kelas V SD N 1 Panjer untuk kelas eksperimen sebanyak 40 orang menerapkan model PBL berbasis penilaian portofolio dan kelas V SD N 2 Panjer sebagai kelas kontrol sebanyak 39 orang dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode tes jenis tes pilihan ganda 30 soal. Diperoleh rata – rata kelompok eksperimen 81,18 > 70,85 rata – rata kelompok kontrol. Selanjutnya data diuji dengan t-test polled varian. Terbukti dari nilai thitung = 4,971 > ttabel = 1,991) pada dk = 77 dan alpha 5% yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada perbedaan signifikan terhadap kedua kelompok sampel. Kesimpulannya penerapan model PBL berbasis penilaian portofolio memberi pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD Negeri Gugus Moh.Hatta tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pbl, penilaian portofolio, kompetensi pengetahuan matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Yurita Anggreni
Date Deposited: 27 Jul 2020 10:03
Last Modified: 27 Jul 2020 10:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item