Pengembangan Kamus Online Bahasa Isyarat Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SDLB Tunarungu SLB Negeri 1 Buleleng

Sumertini, Ni Kadek (2024) Pengembangan Kamus Online Bahasa Isyarat Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SDLB Tunarungu SLB Negeri 1 Buleleng. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071013-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071013-ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071013-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sumertini, Ni Kadek (2024), Pengembangan Kamus Online Bahasa Isyarat Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SDLB Tunarungu SLB Negeri 1 Buleleng. Tesis, Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Kata kunci: Kamus Online, Bahasa Isyarat, Multi Representasi, Kemampuan berbahasa, Tunarungu Kurangnya penguasaan bahasa isyarat siswa tunarungu berpengaruh pada kemampuan berbahasanya. Siswa SDLB tunarungu SLB Negeri 1 Buleleng masih mengalami kendala dalam memahami kosakata ketika belajar bahasa isyarat. Siswa tunarungu memerlukan bantuan visual dalam memahami kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kamus online bahasa isyarat multi representasi yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa SDLB tunarungu SLB Negeri 1 Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek penelitian adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, siswa dalam uji perorangan, siswa dalam uji kelompok kecil, siswa dalam uji lapangan, guru SDLB. Instrumen yang digunakan non tes berupa observasi dan kuesioner dan berupa tes kemampuan berbahasa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kamus online bahasa isyarat multi representasi dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 92% (Sangat Baik), ahli desain pembelajaran sebesar 85% (Baik), ahli media pembelajaran sebesar 81% (Baik), uji kepraktisan sebesar 97% (Sangat Praktis), uji perorangan sebesar 87,33% (Baik), uji kelompok kecil sebesar 90,17% (Sangat Baik), uji lapangan sebesar 90,33% (Sangat Baik), uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbahasa siswa sebelum dan sesudah diterapkan kamus online bahasa isyarat multi representasi. Nilai rata-rata pretest sebesar 65,30 dan skor rata-rata postest sebesar 82,67. Setelah dicocokan dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 75, dapat dinyatakan bahwa kamus online bahasa isyarat multi representasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa SDLB tunarungu. Hasil uji respon guru sebesar 95% (Sangat Baik) dan hasil uji respon siswa sebesar 90,33%(Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kamus Online, Bahasa Isyarat, Multi Representasi, Kemampuan berbahasa, Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Kadek Sumertini
Date Deposited: 25 Dec 2024 23:33
Last Modified: 25 Dec 2024 23:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item