ADAPTASI INTERAKSI MAHASISWA RANTAU UNDIKSHA, SINGARAJA DAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI SMA

Nababan, Yosela (2025) ADAPTASI INTERAKSI MAHASISWA RANTAU UNDIKSHA, SINGARAJA DAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014091030_COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014091030_ABSTRAK.pdf.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014091030_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
2014091030_BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014091030_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091030_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014091030_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091030_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014091030_LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (766kB)

Abstract

Tulisan ini memberikan pemahaman mendalam terkait proses dan upaya adaptasi yang dilakukan mahasiswa rantau di Universitas Pendidikan Ganesha. Dengan menganalisis pengalaman para mahasiswa rantau dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial baru. Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan alasan mahasiswa merantau guna melanjutkan pendidikan di Singaraja; (2) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan adaptasi dan dampaknya terhadap kehidupan mahasiswa rantau; (3) aspek sosiologi yang dapat dijadikan sumber pembelajaran sosiologi pada bab hubungan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penelitian dokumen. Peneliti menemukan bahwa (1) alasan mahasiswa asing memilih kuliah di Singaraja ditentukan oleh dua faktor: faktor pendorong dan faktor penarik; (2) Proses adaptasi dan interaksi yang dialami mahasiswa meliputi berbagai tahapan seperti adaptasi belajar, adaptasi budaya, adaptasi sosial, dan interaksi di lingkungan tempat tinggal maupun kampus; (3) upaya membangun jaringan sosial, mempelajari budaya lokal, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Dengan demikian peneliti memastikan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar baru bagi siswa dan guru SMA khususnya sosiologi kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Mahasiswa, Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Yosela Nababan
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:25
Last Modified: 06 Jan 2025 04:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22678

Actions (login required)

View Item View Item