Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Passing Bola Basket pada Peserta Didik Kelas XI A1 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024

Wijendra, I Gede Yogi (2025) Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Passing Bola Basket pada Peserta Didik Kelas XI A1 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011013-COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011013-ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2016011013-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2016011013-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2016011013-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011013-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola basket teknik dasar passing chest pass dan bounce pass melalui model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning pada peserta didik kelas XI A1 di SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan jenis guru sebagai peneliti, terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A1 SMA Negeri 2 Singaraja dengan jumlah 40 orang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian berupa tes uraian untuk aspek pengetahuan dan unjuk kerja pada aspek keterampilan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar (85,5%), pada siklus II meningkat menjadi sebesar (92,5%), Selanjutnya, ketuntasan belajar pada aspek keterampilan pada siklus I yaitu sebesar (87,5%) pada siklus II menjadi (92,5%). Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran Collaborative teamwork learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi passing bola basket untuk peserta didik kelas XI A1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Saran Bagi Guru PJOK agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dalam pembelajaran materi lainnya yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Collaborative teamwork learning, bola basket, passing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Gede Yogi Wijendra
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:24
Last Modified: 14 Jan 2025 06:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item