PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS PERTANYAAN KONTEKSTUAL (NHT-BPK) TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM TIM KELAS X SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO

Rayyan, Wildan Babul (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS PERTANYAAN KONTEKSTUAL (NHT-BPK) TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM TIM KELAS X SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2013041021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041021-ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013041021-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (978kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2013041021- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2013041021-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041021-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2013041021-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041021-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS PERTANYAAN KONTEKSTUAL (NHT-BPK) TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM TIM KELAS X SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO Oleh Wildan Babul Rayyan,2013041021 Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan ABSTRAK Pembelajaran abad 21 memeiliki perananan penting, pembelajaran tradisional menjadi pendidikan modern untuk menjamin siswa memiliki pengetahuan, keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi, dan keterampilan untuk life skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil, peningkatan, dan perbedaan peningkatan keterampilan kerjasama antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbasis pertanayan kontekstual (NHT-BPK) dengan direct intruction (DI). Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Tegaldlimo, dengan popoulasi penelitian kelas X yang dipilih melalui teknik undian, dimana kelas X.5 menjadi kelas eksperimen dan kelas X.4 menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kusioner, kusioner diberikan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Analisis data profil keterampilan kerjasama menggunakan rumus N-Gain, analisis data peningkatan keterampilan kerjasama menggunakan rumus peningkatan nilai kerjasama, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25,0 for windows dengan uji Mann-Whiteney. Hasil hipotesis menunjukan bahwa probabilitas (Sig. 2 talled) = 0,00 ˂ 0,05 (p ˂ 0,05), maka H₀ ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan kerjasama antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran NHT-BPK dengan model pembelajaran DI. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT-BPK terhadap keterampilan kerjasama berpengaruh dalam pembelajaran.implikasi penelitian penerapan model pembelajaran NHT-BPK terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Abad 21, Keterampilan kerjasama, Numbered Head Together Berbasis Pertanyaan Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS PERTANYAAN KONTEKSTUAL (NHT-BPK) TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM TIM KELAS X SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO Oleh Wildan Babul Rayyan,2013041021 Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan ABSTRAK Pembelajaran abad 21 memeiliki perananan penting, pembelajaran tradisional menjadi pendidikan modern untuk menjamin siswa memiliki pengetahuan, keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi, dan keterampilan untuk life skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil, peningkatan, dan perbedaan peningkatan keterampilan kerjasama antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbasis pertanayan kontekstual (NHT-BPK) dengan direct intruction (DI). Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Tegaldlimo, dengan popoulasi penelitian kelas X yang dipilih melalui teknik undian, dimana kelas X.5 menjadi kelas eksperimen dan kelas X.4 menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kusioner, kusioner diberikan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Analisis data profil keterampilan kerjasama menggunakan rumus N-Gain, analisis data peningkatan keterampilan kerjasama menggunakan rumus peningkatan nilai kerjasama, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25,0 for windows dengan uji Mann-Whiteney. Hasil hipotesis menunjukan bahwa probabilitas (Sig. 2 talled) = 0,00 ˂ 0,05 (p ˂ 0,05), maka H₀ ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan kerjasama antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran NHT-BPK dengan model pembelajaran DI. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT-BPK terhadap keterampilan kerjasama berpengaruh dalam pembelajaran.implikasi penelitian penerapan model pembelajaran NHT-BPK terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Abad 21, Keterampilan kerjasama, Numbered Head Together Berbasis Pertanyaan Kontekstual
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan
Depositing User: WILDAN BABUL RAYYAN
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:02
Last Modified: 16 Jan 2025 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22724

Actions (login required)

View Item View Item