Yasa, Gede Amerta (2025) DEVELOPING INFOGRAPHICS OF CAKEAPP BASED TEACHING SPEAKING IDEAS FOR TOURISM VOCATIONAL HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHER IN 11th GRADE AT SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021062-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK (ABSTRACT))
2012021062-ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN (CHAPTER 1 INTRODUCTION))
2012021062-PENDAHULUAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021062-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA (REFERENCES))
2012021062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA (APPENDICES))
2012021062-LAMPIRAN (APPENDICES).pdf Download (1MB) |
Abstract
Kelangkaan teknologi inovatif dalam pengajaran berbicara di sekolah menengah kejuruan merupakan masalah yang tidak diinginkan di Indonesia. Hal ini sangat disayangkan karena penggunaan teknologi yang optimal dapat memfasilitasi dan mendukung pengembangan kompetensi berbicara siswa dan memperkuat praktik pengajaran berbicara terutama bagi para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan infografis CakeApp berbasis ide-ide pengajaran berbicara untuk guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di kelas 11 di SMK Negeri 2 Singaraja dan mengetahui kualitas infografis yang dikembangkan. Penelitian Desain dan Pengembangan oleh Richey dan Klein (2014) terlibat dalam penelitian ini sebagai landasan dengan ADDE model (Analisis, Desain, Pengembangan, Evaluasi) sebagai langkah penelitian. Tahap analisis melibatkan proses analisis (analisis kebutuhan dan analisis dokumen). Sementara, tahap desain termasuk penyusunan produk. Hasil penelitian menunjukkan, ada 10 langkah yang diperlukan untuk melakukan penelitian ini yaitu, 1. Izin Penelitian, 2. Bimbingan Dosen Pembimbing, 3. Penelitian Awal, 4. Membuat Instrumen Penelitian, 5. Tutorial Mendesain Infografis, 6. Revisi Infografis, 7. Desain Infografis Final. Berdasarkan prosedur evaluasi produk dengan mempertimbangkan rumus oleh Nurkancana & Sunartana (1992). Skor rata-rata yang diperoleh dari penilaian akhir dari ahli adalah 38 yang menunjukkan X ≥ 36 skor yang dikategorisasikan sebagai produk berkualitas tinggi. Sementara itu, hasil tinjauan pengguna menunjukkan, semua produk terkait dengan tujuan pembelajaran, sesuai untuk kebutuhan pembelajaran, dan dirancang dengan kegiatan berbicara yang komprehensif. Potensi penggunaan infografis menyiratkan bahwa membantu guru ESP profesional untuk mempersiapkan pelajaran. Kata kunci : ESP, CakeApp, Infografis, IDT, Pengajaran Berbicara, Pariwisata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ESP, CakeApp, Infografis, IDT, Pengajaran Berbicara, Pariwisata |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gede Amerta Yasa |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 00:04 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 00:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22733 |
Actions (login required)
View Item |