Ruwiyani, Ketut Lia (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Web Liveworksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011025-ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011025-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Web Liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 88 siswa yang terdistribusi ke dalam 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur pada akhir penelitian dengan menggunakan tes berbentuk soal uraian. Data berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor. Uji Liliefors dan uji Levene menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Karena uji asumsi telah terpenuhi, maka uji-t dapat dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai t_hitung=3.084 dan dengan taraf signifikansi 5% dan db = 62, diperoleh nilai t_tabel=1.999, dengan demikian, berdasarkan kriteria pengujian t_hitung>t_tabel sehingga H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Web Liveworksheet lebih tinggi daripada rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Think Talk Write berbantuan Web Liveworksheet lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, model pembelajaran Think Talk Write, Web Liveworksheet
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika, model pembelajaran Think Talk Write, Web Liveworksheet. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ketut Lia Ruwiyani |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22799 |
Actions (login required)
View Item |