WALUKOW, DEVY STANY (2025) PENGARUH PENDEKATAN EDUTAINMENT BERBASIS HOTs TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA HARAPAN DI KARAWACI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139011019-COVER.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139011019-ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139011019-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran yang menggunakan Pendekatan Edutainment berbasis HOTs dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (2) mengevaluasi dampak penggunaan Pendekatan Edutainment berbasis HOTs terhadap hasil belajar Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode quasi experimental dan desain kelompok yang tidak setara. Metode pengumpulan data menggunakan Post-Test. Validitas isi instrumen ditentukan melalui hasil telaah pakar yakni 2 judges sebagai pakar instrumen, 3 judges sebagai pakar materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan content validity ratio (CVR) yang dikembangkan Lawshe. Analisis kepraktisan diperoleh melalui respon mahasiswa. Efektivitas proses pembelajaran menggunakan analisis multivariat (Manova). Hasil penelitian menunjukkan Pendekatan Edutainment dengan Sistem Penilaian berbasis HOTs secara bersama (X1) memperoleh hasil belajar aspek Kognitif (Y1), Afektif (Y2), dan Psikomotor (Y3) sangat maksimal. Selanjutnya diikuti Sistem Penilaian berbasis HOTs (X2) tetapi hanya hasil belajar aspek Kognitif (Y21) dan Psikomotor (Y23), karena aspek Afektif (Y32) Pendekatan Edutainment lebih efektif dibandingkan dengan Sistem Penilaian berbasis HOTs (X2), disusul oleh Pendekatan Edutainment (X3), dan terakhir; kelompok Pembelajaran Konvensional (X4). Peningkatan hasil belajar menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran yang menghasilkan bentuk pembelajaran humanis, kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Edutainment, berbasis HOTs, Pendidikan Kewarganegaraan, hasil belajar, aspek Kognitif, aspek Afektif, aspek Psikomotor |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Dra. Devy Stany Walukow, M.Hum, M.Si |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |