PENGARUH PENDEKATAN EDUTAINMENT BERBASIS HOTs TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA HARAPAN DI KARAWACI

WALUKOW, DEVY STANY (2025) PENGARUH PENDEKATAN EDUTAINMENT BERBASIS HOTs TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA HARAPAN DI KARAWACI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011019-COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011019-ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011019-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran yang menggunakan Pendekatan Edutainment berbasis HOTs dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (2) mengevaluasi dampak penggunaan Pendekatan Edutainment berbasis HOTs terhadap hasil belajar Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode quasi experimental dan desain kelompok yang tidak setara. Metode pengumpulan data menggunakan Post-Test. Validitas isi instrumen ditentukan melalui hasil telaah pakar yakni 2 judges sebagai pakar instrumen, 3 judges sebagai pakar materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan content validity ratio (CVR) yang dikembangkan Lawshe. Analisis kepraktisan diperoleh melalui respon mahasiswa. Efektivitas proses pembelajaran menggunakan analisis multivariat (Manova). Hasil penelitian menunjukkan Pendekatan Edutainment dengan Sistem Penilaian berbasis HOTs secara bersama (X1) memperoleh hasil belajar aspek Kognitif (Y1), Afektif (Y2), dan Psikomotor (Y3) sangat maksimal. Selanjutnya diikuti Sistem Penilaian berbasis HOTs (X2) tetapi hanya hasil belajar aspek Kognitif (Y21) dan Psikomotor (Y23), karena aspek Afektif (Y32) Pendekatan Edutainment lebih efektif dibandingkan dengan Sistem Penilaian berbasis HOTs (X2), disusul oleh Pendekatan Edutainment (X3), dan terakhir; kelompok Pembelajaran Konvensional (X4). Peningkatan hasil belajar menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran yang menghasilkan bentuk pembelajaran humanis, kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Edutainment, berbasis HOTs, Pendidikan Kewarganegaraan, hasil belajar, aspek Kognitif, aspek Afektif, aspek Psikomotor
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Dra. Devy Stany Walukow, M.Hum, M.Si
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:24
Last Modified: 30 Jan 2025 04:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item