KONTRIBUSI PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI GUGUS TEMBENG PUTIK BANDOK LOMBOK TIMUR

Sulhan, Sulhan (2025) KONTRIBUSI PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI GUGUS TEMBENG PUTIK BANDOK LOMBOK TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229041068-COVER)
2229041068-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2229041068-ABSTRAK)
2229041068-Abstrak.pdf

Download (929kB)
[img] Text (2229041068-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041068-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (179kB)
[img] Text (2229041068-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041068-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (2229041068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041068-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (2229041068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041068-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (2229041068-BAB 5 PENUTUP)
2229041068-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (2229041068-DAFTAR PUSTAKA)
2229041068-Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text (2229041068-LAMPIRAN)
2229041068-Lampiran.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi perhatian orang tua (X1), minat belajar (X2), dan disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar matematika (Y) pada siswa kelas IV SD di Gugus Tembeng Putik Bandok, Lombok Timur. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD di gugus tembeng putik bandok lombok timur Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 150 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, yang mengambil sampel peserta didik kelas IV SD di Gugus Tembeng Putik Bandok Lombok Timur. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian expost facto dengan pendekatan analisis jalur (path analysis) untuk mengevaluasi pengaruh langsung dan tidak langsung variabel-variabel tersebut terhadap prestasi belajar matematika. Data dikumpulkan dari 109 siswa menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) berkontribusi secara signifikan terhadap disiplin belajar (X3) dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,318. Uji t menunjukkan bahwa perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikansi masing-masing 0,000. Selain itu, kontribusi perhatian orang tua (X1), minat belajar (X2), dan disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar matematika (Y) juga signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,530. Uji t untuk variabel-variabel ini menunjukkan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikansi 0,005 dan 0,000. Uji Sobel mengungkapkan bahwa pengaruh tidak langsung dari perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) melalui disiplin belajar (X3) terhadap prestasi belajar matematika (Y) juga signifikan, dengan pengaruh total X1 sebesar 0,320 dan X2 sebesar 0,539. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perhatian orang tua dan minat belajar secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi prestasi belajar matematika melalui disiplin belajar. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan strategi pendidikan yang melibatkan peran orang tua dan stimulasi minat belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Matematika, Path Analysis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Sulhan
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:53
Last Modified: 05 Feb 2025 02:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22997

Actions (login required)

View Item View Item