Marini, Ni Komang Tri (2025) Pengembangan E-modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati sebagai bahan ajar kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013041013-COVER.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013041013-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013041013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2013041013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2013041013-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2013041013-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
2013041013-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya melalui E-Modul, guna memfasilitasi proses belajar mengajar secara mandiri dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Keanekaragaman Hayati untuk kelas X SMA yang valid dan praktis, yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kepraktisan, dan validitas media E-Modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan ASSURE. Pada tahap pengembangan media, dilakukan uji validitas media dan uji validitas materi E-Modul, yang masing-masing dilakukan oleh dua orang dosen yang sesuai dengan bidangnya. Perhitungan validitas menggunakan perhitungan Gregory. Uji kepraktisan dilakukan di SMA Negeri 1 Sukasada pada kelas XA, dengan melibatkan uji coba perorangan (3 siswa) dan uji coba kelompok kecil (12 siswa) dengan perhitungan skala likert dengan interval 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Inkuiri Terbimbing sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan. Uji validitas menghasilkan nilai koefisien Validitas Gregory (KGV) sebesar 1, yang masuk dalam kategori sangat valid. Sementara itu, nilai kepraktisan memperoleh skor sebesar 89,65%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Kata kunci: media pembelajaran, E-modul, inkuiri terbimbing, keanekaragaman hayati
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, E-modul, inkuiri terbimbing, keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Tri Marini |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:31 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |