THE USE OF DRILLING TECHNIQUES INTEGRATED WITH TECHNOLOGY TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 4 KALIUNTU

Pratiwi, Ketut Rona (2025) THE USE OF DRILLING TECHNIQUES INTEGRATED WITH TECHNOLOGY TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 4 KALIUNTU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021031-COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021031-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021031-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan teknik drilling yang terintegrasi dengan teknologi pada siswa SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas empat sekolah dasar menjadi subjek penelitian ini, dengan jumlah 34 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan test kosakata (pre-test dan post-test), yang dilakukan melalui dua siklus dengan prosedur yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik drilling yang diintegrasikan dengan teknologi melalui video kosakata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hal ini ditunjukkan dengan data yang diperoleh pada tes kosakata siswa, yaitu pada siklus pertama siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 sebesar 82,35% dengan selisih dari pre-test ke post-test siklus pertama sebesar 31,07%. Peningkatan penguasaan kosa-kata yang drastis terjadi pada siklus kedua dengan siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal 70 adalah 100%. Selain itu, peningkatan penguasaan kosakata siswa juga mengalami perubahan melalui pendapat siswa mengenai penggunaan teknik drilling yang terintegrasi dengan teknologi, yang berdampak pada penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosa-kata, Drilling Teknik, Integrasi Teknologi, Video Kosa-kata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ketut Rona Pratiwi
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:35
Last Modified: 06 Feb 2025 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23020

Actions (login required)

View Item View Item