Manu Okta Priantini, Dewa Ayu Made (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS SOSIOLOGIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP HUMANISTIK DAN KETERAMPILAN MULTIKULTUR SISWA SD KOTA DENPASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031003-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031003-ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (756kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031003-LAMPIRAN (1).pdf Download (41MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancang bangun, menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar IPS (e-modul) berbasis sosiologis. Bahan ajar ini digunakan untuk meningkatkan sikap humanistik dan ketrampilan multikultur siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Model pengembangan Borg dan Gall ini memiliki tahap-tahap yang relatif panjang karena terdapat 10 langkah pelaksanaan. Subjek penelitiannya guru dan siswa kelas V se-Kota Denpasar. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner. Sebelum dilakukan efektifitas, produk bahan ajar divalidasi oleh masing-masing ahli diantaranya ahli isi materi, Bahasa, media dan desain pembelajaran yang totalnya berjumlah 4 orang. Data yang terkumpul dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut. 1) Rancang bangun bahan ajar IPS berbasis Sosiologis adalah berupa bahan ajar IPS untuk siswa dalam bentuk (e-modul) flipbook dengan mengacu pada aspek sosiologis interaksi sosial, budaya masyarakat. 2) Hasil validitas dapat dihitung persentase untuk ahli isi materi sebesar 4,8, ahli desain dan media pembelajaran sebesar 4,7 dan ahli media pembelajaran sebesar 4,8 dengan kategori sangat valid. 3) Hasil kepraktisan respon guru dan siswa dengan perhitungan rata-rata 4,6 masuk katagori sangat praktis. 4) Hasil efektifitas bahan ajar IPS berbasis Sosiologis memiliki nilai F = 67,135, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi bahan ajar bahan ajar IPS berbasis sosiologis secara efektif dapat meningkatkan sikap humanistik dan keterampilan multikultural siswa fase C Kelas V SD se-Kota Denpasar. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Sikap Humanistik, Keterampilan Multikultural
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Sikap Humanistik, Keterampilan Multikultural |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini, S.Pd., M.Pd |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 07:12 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 07:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |