Septiani, Ni Kadek Rara (2025) PENGARUH PEMAHAMAN PENDEKATAN DESIGN FOR CHANGE, KONSEP EVALUASI, DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMANDIRIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH INKLUSI JENJANG SMK PUSAT KEUNGGULAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011092-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011092-ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011092-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah inklusi jenjang SMK Pusat Keunggulan bertujuan menyiapkan siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus, untuk dunia kerja dan industri. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam pelajaran matematika, memerlukan adanya evaluasi terhadap pembelajaran matematika. Untuk itu, menyusun evaluasi pembelajaran yang inovatif memerlukan kemandirian, kreativitas, dan pemahaman tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran bagi seorang guru. Evaluasi pembelajaran yang relevan digunakan di sekolah inklusi jenjang SMK PK dapat didukung dengan pendekatan Design for Change yang memiliki keselarasan melalui tahapan, yaitu feel, imagine, do, dan share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman Design for Change, konsep dasar evaluasi pembelajaran, dan kreativitas terhadap kemandirian guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian mencakup 114 guru matematika dari 159 populasi guru di sekolah inklusi jenjang SMK PK di provinsi Bali. Proses pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil analisis metode kuantitaif menunjukkan bahwa masing-masing hubungan variabel berpengaruh secara signifikan karena memiliki nilai p-value < 0,05. Pemahaman pendekatan Design for Change, konsep dasar evaluasi terhadap kreativitas guru sebesar 65,7% dan pemahaman Design for Change, konsep dasar evaluasi dan kreativitas terhadap kemandirian sebesar 76,8%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan pendekatan Design for Change ini berpengaruh terhadap kemandirian dan kreativitas guru dalam mengembangkan evaluasi pembalajaran matematika yang didasari dengan pemahaman konsep evaluasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran Matematika, Sekolah Inklusi, Design for Change, Kemandirian Guru, Kreativitas Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK RARA SEPTIANI |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 05:44 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 05:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |