PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BAHAN TAYANG CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA

Suaningsih, Kadek (2025) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BAHAN TAYANG CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041022-COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041022-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041022-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan bahan tayang Canva terhadap peningkatan hasil belajar biologi. Sampel yang digunakan adalah kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan bahan tayang Canva dan kelas X-10 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Dengan diukur menggunakan soal tes pilihan ganda, pada saat sebelum penerapan akan diberikan (pretest) dan sesudah penerapan diberikan (posttest). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental semu (Quasi experimental) dengan menggunakan rancangan Non-equivalent pretest posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,046 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis N-gain skor ternormalisasi diketahui bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 62,73 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 55,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan bahan tayang Canva dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, Canva, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Canva, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Kadek Wirna Dewi Suaningsih
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:45
Last Modified: 11 Feb 2025 04:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

View Item View Item