Abdurrahim, Abdurrahim (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V GUGUS KKM XII SUELA-SEMBALUN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2229041072-COVER)
2229041072-Cover.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text (2229041072-ABSTRAK)
2229041072-Abstrak.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text (2229041072-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041072-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text (2229041072-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041072-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041072-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041072-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041072-BAB 5 PENUTUP)
2229041072-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229041072-DAFTAR PUSTAKA)
2229041072-Daftar Pustaka.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (2229041072-LAMPIRAN)
2229041072-Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Gugus KKM XII Suela-Sembalun. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V MI Gugus KKm XII Suela-Sembalun yang terdiri dari 217 orang siswa. Sebanyak 43 siswa terpilih menjadi sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis MANOVA berbantuan IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun. Ketiga, terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di Madrasah KKM XII Suela-Sembalun Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif tipe Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Abdurrahim |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:34 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |