PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD GUGUS V ABIANSEMAL

windha, Agung (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD GUGUS V ABIANSEMAL. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029042022-COVER..pdf

Download (238kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042022-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2029042022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2029042022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2029042022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2029042022-BAB 5 PENUTP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
2029042022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
2029042022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Laksmi Dewi, I Gst. Ayu Agung Windha (2024), Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Gugus V Abiansemal, Badung, Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2024. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II : Dr. I Made Citra Wibawa,S.Pd., M.Pd Kata-kata kunci: sikap peduli lingkungan, berpikir kreatif, model pembelajaran Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Peduli Lingkungan siswa antara siswa yang mengikuti model Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Abiansemal. Penelitian ini penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus V Abiansemal yang berjumlah 117 siswa dan 64 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes uraian dan sikap peduli lingkungan dikumpulkan dengan kuesioner sikap. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan secara simultan kemampuan berpikir kreatif dan sikap peduli lingkungan siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Abiansemal dengan F = 185,545 dan memiliki signifikansi 0,0003 kurang dari 0,05. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA antara siswa yang mengikuti model Project Based Learning dan pada kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai nilai Fhitung = 374,821 dan Ftabel = 3,15. Ini berarti Fhitung > Ftabel (374,821 > 3,15). 3) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti model Project Based Learning dan pada kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung = 4,347 dan Ftabel = 3,15. Ini berarti Fhitung > Ftabel (4,347> 3,15).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PjBL,Berpikir kreatif,Sikap Peduli lingkungan,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gst. Ayu Agung Windha Laksmi Dewi
Date Deposited: 13 Feb 2025 11:54
Last Modified: 13 Feb 2025 11:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

View Item View Item