Andhika, I Made Edi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Budaya Lokal Bali “Menyama Braya” Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Gugus 2 Tampaksiring. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041001-COVER.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041001-ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041001-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Edi Andhika, I Made (2024), Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Budaya Lokal Bali Menyama Braya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Gugus 2 Tampaksiring. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si dan pembimbing II: Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi. Kata kunci: Model PjBL, Menyama Braya, motivasi berprestasi, dan hasil belajar Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PjBL berbasis budaya lokal Bali Menyama Braya dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi beprestasi siswa kelas V di SD Gugus 2 Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non Equivalent posttest only control group design dengan rancangan faktorial 2 × 2. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus 2 Tampaksiring Kecamatan Tampaksiring tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 176 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi dan tes untuk mengukur hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran PjBL berbasis budaya lokal Bali Menyama Braya dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai (sign = 0,030, p<0,05). 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, hal ini dibuktikan dengan nilai (sign = 0,000, p < 0,05). 3) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran PjBL berbasis budaya lokal Bali Menyama Braya dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai (sign = 0,000, p < 0,05). 4) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran PjBL berbasis budaya lokal Bali Menyama Braya dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai (sign = 0,031, p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PjBL, Menyama Braya, motivasi berprestasi, dan hasil belajar Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Edi Andhika |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |