Pengembangan Media Flipbook pada Materi Sistem Organ Tubuh Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar,

Mahayani, Luh Pt Oka (2025) Pengembangan Media Flipbook pada Materi Sistem Organ Tubuh Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar,. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041023-COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041023-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUITUP)
2329041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041023-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) rancang bangun, (2) validitas, (3) kepraktisan, dan (4) efektivitas media flipbook pada materi sistem organ tubuh manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan alur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner dan tes hasil belajar. Validitas media diuji oleh judges media, isi, dan bahasa, menggunakan formula Gregory yaitu menggunakan penilaian dari 2 orang ahli, namun hasil penilaian sudah dikuantitatifkan. Instrumen untuk uji validitas isi yang diestimasi lewat pengujian terhadap kelayakan atau relevansi isi tes melalui analisis rasional oleh panel yang berkompeten atau melalui expert judgement (penilaian ahli). Kepraktisan media diujikan pada siswa dan guru sebagai praktisi pembelajaran di sekolah dasar. Efektifitas diujikan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Buruan yang berjumlah 22 siswa (13 laki-laki dan 9 perempuan) dengan desain one group pretest-posttest yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data menggunakan Uji-t sampel berkorelasi (Paired Sample T-Test). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistics for Windows versi 21.0. Pengujian ditentukan oleh nilai signifikansi. Apabila nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan meningkatkan literasi sains siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media flipbook. Uji efektifitas dengan test yang diberikan kepada siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook pada materi sistem organ tubuh manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek tampilan, isi, dan bahasa yang digunakan, (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan siswa, (3) efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media flipbook pada materi sistem organ tubuh manusia valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media flipbook, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Pt Oka Mahayani
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:43
Last Modified: 14 Feb 2025 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item View Item