Wahyuni, I Gusti Ayu Winda Dwi (2025) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041068-COVER.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041068-ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041068-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di gugus VII kecamatan Gerokgak pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 192 siswa. Sebanyak 106 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik multi-stage random sampling dan diperoleh SD Negeri 1 Pejarakan berjumlah 21 siswa dan SD Negeri 6 Pejarakan berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Pejarakan berjumlah 38 siswa dan SD Negeri 3 Pejarakan berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah efikasi diri siswa yang dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA aspek kognitif yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda/obyektif. Analisis data diperoleh melalui analisis ANAVA dua jalur. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan rata-rata skor 74,77 > 73,29, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA diperoleh untuk interaksi 78,136 > 3,99, 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dengan rata-rata skor 81,82 > 79,00, 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri rendah dengan rata-rata skor 66,67 > 63,33.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), efikasi diri dan hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Winda Dwi Wahyuni |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |