PENERAPAN MODEL GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA/MA NEGERI DI KECAMATAN GEROKGAK

Iskandar, Iskandar (2025) PENERAPAN MODEL GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA/MA NEGERI DI KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2014031012-COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014031012-ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014031012-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2014031012-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2014031012-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031012-BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014031012-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014031012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan selama ini dalam pembelajaran geografi berimplikasi pada rendahnya Critical Thinking Skills siswa sehingga inovasi pembelajaran penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penerapan model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi, (2) menganalisis Crtical Thinking Skills siswa setelah diterapkannya model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi, (3) menganalisis signifikansi penerapan model GBL berbantuan media ICM terhadap Critical Thinking Skills siswa dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini didesain sebagai penelitian eksperimen (eksperimen semu) dengan Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan dengan Multistage Random Sampling. Hasilnya menetapkan MAN Negeri Buleleng sebagai sekolah sampel dan dengan Teknik undian memilih Kelas X B sebagai kelas eksperimen dan Kelas X D sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan pencatatan dokumen yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial (Paired Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) model GBL berbantuan media ICM dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi dengan kriteria ”sangat baik”, (2) Crtical Thinking Skills siswa setelah diterapkannya model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi meningkat sebesar 23,16% (3) terdapat perbedaan Critical Thinking Skills Siswa secara signifikan antara kelompok eksperimen yang menerapkan dan kelompok kontrol yang tidak menerapkan model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi (sig .000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Games Based Learning, Index Card Match, Critical Thinking Skills, Pembelajaran Geografi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Iskandar
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:57
Last Modified: 17 Feb 2025 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item View Item