Iskandar, Iskandar (2025) PENERAPAN MODEL GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA/MA NEGERI DI KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2014031012-COVER.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2014031012-ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014031012-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2014031012-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2014031012-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031012-BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2014031012-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2014031012-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran yang diterapkan selama ini dalam pembelajaran geografi berimplikasi pada rendahnya Critical Thinking Skills siswa sehingga inovasi pembelajaran penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penerapan model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi, (2) menganalisis Crtical Thinking Skills siswa setelah diterapkannya model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi, (3) menganalisis signifikansi penerapan model GBL berbantuan media ICM terhadap Critical Thinking Skills siswa dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini didesain sebagai penelitian eksperimen (eksperimen semu) dengan Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan dengan Multistage Random Sampling. Hasilnya menetapkan MAN Negeri Buleleng sebagai sekolah sampel dan dengan Teknik undian memilih Kelas X B sebagai kelas eksperimen dan Kelas X D sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan pencatatan dokumen yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial (Paired Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) model GBL berbantuan media ICM dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi dengan kriteria ”sangat baik”, (2) Crtical Thinking Skills siswa setelah diterapkannya model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi meningkat sebesar 23,16% (3) terdapat perbedaan Critical Thinking Skills Siswa secara signifikan antara kelompok eksperimen yang menerapkan dan kelompok kontrol yang tidak menerapkan model GBL berbantuan media ICM dalam pembelajaran geografi (sig .000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Games Based Learning, Index Card Match, Critical Thinking Skills, Pembelajaran Geografi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Iskandar |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 07:57 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |