PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SD

Yuliawati, Ni Putu Feny (2025) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041046-COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041046-ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041046-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar IPAS ditinjau dari self regulated learning pada siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Gianyar. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus II Kecamatan Gianyar, yang terdiri dari 180 orang siswa. Sebanyak 65 siswa terpilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas V SDN 3 Abianbase sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 orang dan kelas V SDN 4 Abianbase sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPAS siswa dan metode non tes berupa kuesioner untuk mengukur tingkatan self regulated learning yang dimiliki siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur berbantuan program SPSS-26.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil belajar IPAS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Gianyar dengan nilai sig = 0,001 (sig < 0,05). Kedua, terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Gianyar dengan nilai sig = 0,040 (sig < 0,05). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa SD kelas V gugus II Kecamatan Gianyar yang memiliki self regulated learning tinggi dengan nilai sig = 0,002 (sig < 0,05). Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa SD kelas V gugus II Kecamatan Gianyar yang memiliki self regulated learning rendah dengan nilai sig = 0,000 (sig < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri, hasil belajar IPAS, self regulated learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Feny Yuliawati
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:10
Last Modified: 14 Feb 2025 08:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item