PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V

Antara, I Dewa Gede Jaya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041009-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041009-ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (744kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041009-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Antara, I Dewa Gede Jaya (2025), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Kelas V. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Kata-kata kunci: IPAS, Harmoni dalam Ekosistem, Media pembelajaran, Media pembelajaran interaktif berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Harmoni dalam Ekosistem yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi pada setiap tahapannya. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media dan materi bersumber dari penilaian ahli menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Data kepraktisan media bersumber dari respon pengguna yang diukur dengan instrumen User Experience Questionnaire (UEQ). Validitas tes hasil belajar dianalisis menggunakan validitas isi, validitas butir soal, dan reliabilitas. Hasil analisis validitas isi menggunakan metode Gregory menunjukkan indeks kesepakatan antar ahli sebesar 0,9 (kategori sangat tinggi). Uji validitas butir menggunakan korelasi point biserial menunjukkan bahwa 25 dari 30 butir soal valid dengan nilai r-hitung sebesar 0,7355 lebih besar dibandingkan r-tabel sebesar 0,3338. Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus KR-20 dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,971 yang termasuk kategori sangat tinggi. Pengujian efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest yang melibatkan peserta didik kelas V SD. Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji-t berbantuan SPSS 26 for Windows dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Harmoni dalam Ekosistem dinyatakan bahwa (1) media pembelajaran interaktif berbasis web valid ditinjau dari aspek materi dan media pembelajaran dengan nilai validitas masing-masing sebesar 4,15 dan 4,9 (kategori sangat valid); (2) media pembelajaran interaktif berbasis web praktis ditinjau dari aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi, kebaruan, dan ketepatan yang memperoleh kategori unggul; (3) media pembelajaran interaktif berbasis web efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, ditunjukkan oleh hasil uji-t yang signifikan (sig. 2-tailed = 0,00 < 0,05) dan peningkatan nilai N-Gain antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Harmoni dalam Ekosistem, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IPAS, Media Pembelajaran Interaktif berbasis web, web
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I DEWA GEDE JAYA ANTARA
Date Deposited: 14 Feb 2025 10:52
Last Modified: 14 Feb 2025 10:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item