Yulia Sari, Mira (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS BUDAYA LAMPUNG PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041072-COVER.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041072-ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041072-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes pilihan ganda. Data validitas media pembelajaran diperoleh dari 2 orang ahli yang menilai pada aspek media dan materi pembelajaran serta bahasa. Data kepraktisan media diperoleh dari praktisi lapangan meliputi 2 orang guru dan 6 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Data uji efektivitas menggunakan desain one group pre-test post test terhadap 30 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) komik digital memiliki rancang bangun yang dibuat menggunakan aplikasi pixton dengan spesifikasi dari segi ukuran, tata letak, dan karakter serta ilustrasi yang baik. 2) komik digital sudah memenuhi uji validasi kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi dengan skor sebesar 98% dan ahli media dengan skor sebesar 94% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”. 3) uji kepraktisan guru diperoleh skor sebesar 97% dan kepraktisan peserta didik diperoleh skor sebesar 97% dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. 4) uji efektivitas menggunakan uji paired sample t-test pada hasil belajar dan minat baca yang telah dilakukan dapat terlihat bahwa kedua nilai signifikan (sig 2 tailed) adalah sebesar 0,000 < ∞ = 0,05 dapat dikategorikan “Sangat Efektif”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara data pre-test dan post-test hasil belajar dan minat baca terhadap penggunaan media komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak yang telah diterapkan di SD Negeri 2 Sukabumi, Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital1, budaya Lampung2, minat baca3, hasil belajar4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mira Yulia Sari |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 11:18 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 11:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |