PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF IPAS BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Budiastini, Ni Putu Putri (2025) PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF IPAS BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041035-COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041035-ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041035-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penerapan strategi pembelajaran inovatif dan penggunaan media pembelajaran yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan ini. Dilakukannya penelitian ini sebagai solusi dan bertujuan mengembangkan Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes keterampilan berpikir kritis. Data validitas bersumber dari 3 ahli konten, media, dan bahasa. Data kepraktisan implementasi buku bersumber dari 9 siswa kelas V dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data efektivitas implementasi buku bersumber dari 30 siswa kelas V SD. Proses analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V SD dinyatakan (1) valid dengan kualifikasi sangat tinggi (CVI 1,00) dari hasil penilaian ahli konten, media, dan bahasa; (2) praktis dengan hasil uji kepraktisan memperoleh kualifikasi 73%; dan (3) efektif dengan hasil uji wicoxon <0,001 (p< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, ditunjukkan bahwa Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku interaktif, IPAS, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Putri Budiastini
Date Deposited: 15 Feb 2025 00:02
Last Modified: 15 Feb 2025 00:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23350

Actions (login required)

View Item View Item