Budiastini, Ni Putu Putri (2025) PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF IPAS BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041035-COVER.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041035-ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041035-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penerapan strategi pembelajaran inovatif dan penggunaan media pembelajaran yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan ini. Dilakukannya penelitian ini sebagai solusi dan bertujuan mengembangkan Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes keterampilan berpikir kritis. Data validitas bersumber dari 3 ahli konten, media, dan bahasa. Data kepraktisan implementasi buku bersumber dari 9 siswa kelas V dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data efektivitas implementasi buku bersumber dari 30 siswa kelas V SD. Proses analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V SD dinyatakan (1) valid dengan kualifikasi sangat tinggi (CVI 1,00) dari hasil penilaian ahli konten, media, dan bahasa; (2) praktis dengan hasil uji kepraktisan memperoleh kualifikasi 73%; dan (3) efektif dengan hasil uji wicoxon <0,001 (p< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, ditunjukkan bahwa Buku Interaktif IPAS berbasis QR Code yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku interaktif, IPAS, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Budiastini |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 00:02 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 00:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |