Dewi, Ni Putu Wulan Pratami (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PMRI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KOMPYANG SUJANA KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031025-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (396kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031025-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah 7 kelompok kelas IV SD Negeri Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat sebanyak 593 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok diberikan pre-test dan diuji menggunakan uji-t untuk mengetahui kesetaraan kelompok. Data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh melalui tes, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa. Setelah diperoleh data posttest kompetensi pengetahuan matematika selanjutnya dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor posttest siswa pada kelompok eksperimen yaitu 77,133 dan rata-rata siswa pada kelompok kontrol 72,487. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 82 didapat t hitung = 2,217 > t tabel = 1,989. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI pada pembelajaran matematika berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020. Perhitungan efektivitas model terhadap kompetensi pengetahuan matematika dilakukan dengan menghitung Koefisien Cohen’s d, diperoleh nilai d = 0,484 dengan kategori efek sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan PMRI, kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Wulan Pratami Dewi |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 09:04 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 09:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |