Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kuta

Indradewi, Ni Nyoman Adi (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kuta. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041063-COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041063-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041063-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Adapun jenis eksperimen pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kuta yaitu 192 orang. Sampel penelitian diambil dari populasi yang setara, yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas IV SD No. 2 Seminyak sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas IV SD No. 1 Seminyak sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 orang. Data prestasi belajar IPA dikumpulkan dengan tes prestasi belajar IPA dan data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan, terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah (F=21,404; p<0,05), (2) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah (F=44,254; p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah (F=53,000; p<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Adi Indradewi
Date Deposited: 16 Feb 2025 12:07
Last Modified: 16 Feb 2025 12:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23382

Actions (login required)

View Item View Item