PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 02 TENTE KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Anfal, Wahyuddin (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 02 TENTE KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041062-COVER.pdf

Download (361kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041062-ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
2329041062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041062-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest- postest control group design. Populasi penelitian adalah SDN Gugus II Kecamatan Woha Kabupaten Bima yang berjumlah 11 SDN dengan jumlah siswa Kelas V sebanyak 247 orang. Pemilihan sampel dalam Penelitian ini dilakukan dengan pemilihan kelas secara acak (random samping) dan yang terpilih adalah dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas V-A dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang (kelas eksperimen) dan kelas V-B dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar dan tes objektif pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan MANOVA IBM SPSS Statistic 30.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan Problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan tidak dengan model pembelajaran Problem based learning, baik secara simultan maupun secara terpisah. Berdasarkan hasil uji hipotesis 1 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 02 Tente Kabupaten Bima nilai ( F = 391,097 ; p < 0,05), Hipotesis 2 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Tente Kabupaten Bima dengan nilai (F = 398,812 ; p < 0,05 ), Hipotesis 3 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 02 Tente Kabupaten Bima nilai (F = 398,812 ; p < 0,05 ). Berdasarkan hasil hipotesis 1, Hipotesis 2, dan Hipotesis 3 dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 02 Tente Kabupaten Bima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar IPA, motivasi belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Wahyuddin Anfal
Date Deposited: 17 Feb 2025 09:10
Last Modified: 17 Feb 2025 09:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23397

Actions (login required)

View Item View Item