Yuliani, Ni Putu (2025) ETHNOMATHEMATICS ON THE NUMERACY LITERACY ABILITY OF GRADE V STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL GUGUS 2, KARANGASEM DISTRICT IN THE 2024/2025 ACADEMIC YEAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031058_COVER.pdf Download (924kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031058_ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031058_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI DAN KONSEPTUAL)
2111031058_BAB 2 KAJIAN TEORI DAN KONSEPTUAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031058_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031058_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031058_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031058_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031058_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Masih ditemukan guru yang memakai teknik pengajaran tradisional, siswa hanya memperoleh pengetahuan yang disampaikan oleh gurunya saja. Siswa masih kurang dalam mengerti gagasan penyelesaian masalah matematika, sehingga siswa lebih sulit dalam mengerti konsep berhitung. Riset ini punya misi dalam menganalisis dampak Problem Based Learning dengan basis Etnomatematika terhadap keterampilan Literasi Numerasi. Jenis riset ini ialah penelitian eksperimen. Dalam riset ini menggunakan bentuk penelitian (quasy experimental). Rancangan percobaan semu yang dipakai ialah non- equivalent post-test only control group design. Populasi riset ini yakni seluruh kelas V SD Gugus 2 sebanyak 148 muris. Teknik penentuan sampel memakai random sampling. Teknik penghimpunan data riset ini memakai metode tes berjenis pilihan ganda. Analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian ini didapat thitung 2,051 serta ttabel sebesar 2,011 (thitung>ttabel). Sesuai riset yang sudah dilaksanakan, maka ada dampak signifikan Problem Based Learning etnomatematika pada keterampilan Literasi Numerasi murid kelas V SD Gugus 2. Efek pada riset ini, bisa menumbuhkan literasi numerasi murid kelas V SD yang berdampak pada pemahaman matematika yang lebih relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Etnomatematika, Literasi Numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yuliani |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 03:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |