PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PE FOOTBALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA

Satyawan, I Made (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PE FOOTBALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2039011010-COVER)
2039011010-Cover.pdf

Download (770kB)
[img] Text (2039011010-ABSTRAK)
2039011010-Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (2039011010-BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011010-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (80kB)
[img] Text (2039011010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011010-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2039011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (2039011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (2039011010-BAB 5 PENUTUP)
2039011010-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (2039011010-DAFTAR PUSTAKA)
2039011010-Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text (2039011010-LAMPIRAN)
2039011010-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu merumuskan rancang bangun, menganalisis dan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektifitas multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar teori praktek pembelajaran sepakbola. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang mempunyai 10 tahapan pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif sepakbola. Agar produk tervalidasi dilakukan beberapa uji, seperti uji validitas, kepraktisan dan efektivitas dalam upaya meningkatkan hasil belajar teori praktek pembelajaran sepakbola. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa validasi isi/materi pembelajaran diperoleh 0,97 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli desain pembelajaran diperoleh 0,90 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media pembelajaran diperoleh 0,94 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan pengembangan multimedia interaktif terkualifikasi sangat praktis. Tingkat efektivitas dapat dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar teori praktek pembelajaran sepakbola berdasarkan hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai t sebesar 3,226 dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,003<0,05). Penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa rancang bangun menggunakan model Dick and Carey, validitas isi/materi, desain, dan media pembelajaran terkualifikasi sangat valid, kepraktisan produk terkualifikasi sangat praktis, serta efektivitas dari produk yang dihasilkan terkualifikasi efektif. Disarankan, produk yang dihasilkan bisa digunakan oleh peserta didik/dosen di seluruh Indonesia, serta diharapkan menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak dalam pengujian efektivitas produk.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif PE FOOTBALL, Hasil Belajar, Sepakbola
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Made Satyawan
Date Deposited: 18 Feb 2025 05:42
Last Modified: 18 Feb 2025 05:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item