Maharani, Ni Luh Gede Putri (2025) PENGEMBANGAN HEROES GAME EDUKATIF BERPENDEKATAN MULTIKULTURAL TRANSFORMATIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS DAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031079-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031079-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031079-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031079-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031079-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa Heroes Game berbasis pendekatan multikultural transformatif untuk meningkatkan literasi baca tulis dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi baca tulis dan kemampuan berpikir kritis siswa, yang diperburuk oleh minimnya penggunaan media pembelajaran digital yang inovatif. Heroes Game dirancang dengan tema petualangan berburu harta karun yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan untuk menanamkan empati, toleransi, serta kesadaran terhadap keberagaman budaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Heroes Game memiliki tingkat validitas sangat tinggi, dengan skor validitas isi media sebesar 0,97 dari ahli materi dan 0,95 dari ahli media. Kepraktisan media dinilai sangat baik dengan skor 91,9% dari siswa, yang mencerminkan daya tarik dan kemudahan penggunaan media dalam pembelajaran. Berdasarkan uji efektivitas, terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan literasi baca tulis dan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media ini. Heroes Game terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan relevan dengan konteks keberagaman budaya Indonesia. Media ini juga memberikan implikasi positif dalam memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif, membantu guru mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan di era digital. Dengan demikian, Heroes Game berpotensi untuk diadopsi secara luas sebagai media pembelajaran inovatif yang tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga membentuk karakter mereka sesuai nilai-nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Game Edukatif, Literasi baca tulis, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Putri Maharani |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 00:49 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |