PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMARTCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DAN READING ENGAGEMENT SISWA DI SEKOLAH DASAR

Novita Sari, Ni Ketut (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMARTCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DAN READING ENGAGEMENT SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031004_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031004_ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031004_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031004_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031004_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031004_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031004_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031004_LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbahasa dan reading engagement siswa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media smartcards trilingual berbasis e-booklet dalam pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan reading engagement siswa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang digunakan sebagai program penggunaan tindakan sistematis untuk mencoba menindaklanjuti sebuah permasalahan yang ada terutama pada keterampilan berbahasa dan reading engagement siswa sekolah dasar, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaaan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan guru dan memberikan lembar kuisioner kepada siswa. Dengan pengembangan media smartcards trilingual berbasis e-booklet ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan mendukung guru dalam memberikan pengetahuan kepada siswa di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media smartcards trilingual berbasis e-booklet ini memiliki Tingkat validitas isi media yang tinggi yang terdiri dari validitas materi, validitas media dan validitas desai instruksional, kepraktisan melalui respon siswa, serta efektivitas. Hasil menyatakan bahwa secara signifikan media smartcards trilingual berbasis e-booklet efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan reading engagement siswa di kelas IV sekolah dasar yang ditandai dengan skor signifikasi dengan keterampilan berbahasa serta signifikasi dengan reading engagement menunjukkan <0,001 dengan kriteria Sig. <0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, smartcards trilingual, e-booklet, keterampilan berbahasa, reading engagement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Novita Sari
Date Deposited: 19 Feb 2025 00:32
Last Modified: 19 Feb 2025 00:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23446

Actions (login required)

View Item View Item