PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BENDA PURBAKALA MUSEUM BALI BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI DAERAH TEMPAT TINGGALKU ZAMAN DAHULU MUATAN IPAS SISWA KELAS IV SD NO. 1 LUKLUK

Wiguna, I Nyoman Windhu (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BENDA PURBAKALA MUSEUM BALI BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI DAERAH TEMPAT TINGGALKU ZAMAN DAHULU MUATAN IPAS SISWA KELAS IV SD NO. 1 LUKLUK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031425-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031425-ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031425-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031425-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031425-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031425-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031425-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031425-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031425-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun video pembelajaran benda purbakala museum Bali berbasis inquiry learning muatan IPAS materi daerah tempat tinggalku zaman dahulu, (2) mengetahui kualitas video pembelajaran benda purbakala museum Bali berbasis inquiry learning muatan IPAS materi daerah tempat tinggalku zaman dahulu yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran benda purbakala museum Bali berbasis inquiry learning muatan IPAS materi daerah tempat tinggalku zaman dahulu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda , kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (sangat baik). (2) Kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji ahli desain instrusional sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 96,66% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 96,11% (sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran benda purbakala museum Bali berdasarkan uji-t sampel dependent diperoleh t_hitung sebesar 16,305. Kemudian harga t_hitung dibandingkan dengan harga t_tabel. Harga t_tabel untuk dk 22 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,717. Hal ini berarti t_hitung > t_tabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran benda purbakala museum Bali berbasis inquiry learning efektif diterapkan pada muatan IPAS materi daerah tempat tinggalku zaman dahulu peserta didik kelas IV SD No 1 Lukluk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Pembelajaran, Benda Purbakala Museum Bali, Inquiry Learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Nyoman Windhu Wiguna
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:16
Last Modified: 20 Feb 2025 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item