PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BERBASIS AR KERAGAMAN BUDAYA BALI DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN READING ENGAGEMENT SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Ni Komang Desi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BERBASIS AR KERAGAMAN BUDAYA BALI DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN READING ENGAGEMENT SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031130-COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031130-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031130-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031130-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031130-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya literasi budaya siswa serta reading engagement siswa di kelas IV yang tergolong rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media komik pembelajaran berbasis AR keragaman budaya Bali dalam pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan literasi budaya dan reading engagement siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang digunakan sebagau program untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada yakni rendahnya literasi budaya dan reading engagement siswa, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan siswa. Dengan tersedianya media komik pembelajaran berbasis AR ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta membantu dan mendukung guru dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik pembelajaran ini memiliki tingkat validitas isi media yang tinggi yang terdiri dari validitas materi, validitas media, serta validitas desain instruksional, respon siswa terhadap kepraktisan media sangat baik, serta secara signifikan efektif untuk meningkatkan literasi budaya dan reading engagement siswa yang mana ditandai dengan skor untuk literasi budaya dalam sig.(2-talled) ditunjukan pada tabel Two-Sided, yang mana angka yang dihasilkan menunjukan <0,001. Hal ini menunjukan nilai Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Serta skor reading engagement dalam sig.(2-talled) ditunjukan pada tabel Two-Sided, yang mana menunjukan angka <0,001. Hal ini menunjukan nilai Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik Pembelajaran, Augmented Reality, Literasi Budaya, Reading Engagement
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Desi Pratiwi
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:28
Last Modified: 19 Feb 2025 03:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23473

Actions (login required)

View Item View Item